Manfaat dan Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan


Manfaat pada buah manggis memang sudah tidak diragukan lagi. Buah ini memiliki kandungan yang ampuh. Kali ini tulisan ini akan membahas beberapa manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan pada buah manggis untuk kesehatan tubuh.


Manfaat dan Khasiat Buah Manggis



Buah manggis merupakan salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Maka tidak heran bila buah ini tidak mudah busuk meski disimpan dalam jangka waktu panjang. Namun bila buah ini diletakkan pada tanah dalam jangka waktu lama, buah ini akan mongering dan bisa menjadi kayu.

Ciri ciri buah manggis ini yaitu memiliki warna kemerah merahan. Sedangkan daging buah manggis berwarna putih. Rasa dari buah ini manis apabila buah ini sudah masak atau matang. Selain manis, buah manggis juga memberikan banyak sekali manfaat pada kesehatan tubuh kita. Mari simak tulisan selengkapnya.



Manfaat Buah Manggis



1.    Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit Kanker

Manfaat pertama dari buah manggis adalah dapat menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit seperti kanker dan juga leukemia.

2.    Mencegah Penyakit Mematikan

Di dalam buah manggis terdapat kandungan xanthones yang bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit mematikan. Penyakit mematikan salah satunya yaitu penyakit diabetes. Dan penyakit lainnya seperti Alzheimer, penyakit jantung. Penyakit ini bisa dicegah apabila kita mengkonsumsi buah manggis secara rutin.

3.    Menangkal Radikal Bebas

Buah manggis mengandung antioksidan catechins yang memiliki manfaat sebagai anti radikal bebas. Bahkan kandungan ini juga dipercaya mempunyai manfaat lebih besar disbanding vitamin C dan vitamin E.

4.    Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah manggis selanjutnya yaitu bisa untuk menjaga pencernaan kita. Seiring bertambahnya usia, maka semakin rentan juga orang tersebut untuk terkena penyakit seperti diare. hal ini karena berkurangnya zat asam dalam tubuh manusia karena bertambahnya usia. Oleh karena itu tidak ada salahnya bila mengkonsumsi buah manggis untuk kesehatan.

5.    Mengatasi Gangguan Pernafasan

Kandungan xanthones pada buah manggis juga berfungsi sebagai melawan infeksi dan alergi, sehingga dapat mengobati gangguan pernafasan seperti penyakit asma.


6.    Menjaga Kemampuan Mental

Buah manggis juga dapat dipercaya untuk mengatasi penyakit mental seperti demensia, Alzheimer, stroke dan lainnya. Sebaiknya sering mengkonsumsi buah manggis agar dapat sedikit terhindar dari penyakit tersebut.

7.    Menurnkan Berat Badan

Buah manggis juga sangat baik untuk kita yang sedang ingin diet secara sehat dan murah. Mengkonsumsi buah manggis dipercaya dapat merubah makanan dalam tubuh menjadi energy. Sehingga lemak yang tertimbun dalam tubuh tidak terlalu banyak dan kita mendapat energy lebih.

8.    Menurunkan Kolestrol

Benar sekali. Buah manggis dapat menurunkan kolestrol dalam tubuh. Tentu saja di dalam tubuh kita terdapat kolestrol jahat yang menempel pada pembuluh darah. Konsumsilah buah manggis agar terhindar dari kolestrol jahat.

9.    Mencegah Gangguan Penglihatan

Antioksidan pada manggis juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Dengan buah ini kita bisa mengatasi penyakit mata seperti katarak dan glaucoma.

10.    Mencegah Batu Ginjal

Saran dari beberapa ahli gizi adalah menyarankan kita agar sering mengkonsumsi 3 ons buah manggis setiap harinya. Ini karena buah manggis memiliki manfaat dan khasiat untuk mencegah terjadinya penyakit batu ginjal dengan proses kita lebih sering buang air kecil dan akhirnya kita terhindar dari penyakit batu ginjal.



Nah itulah beberapa manfaat dari buah manggis. Semoga tulisan tersebut dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat dan khasiat buah manggis bagi kesehatan. Sekian.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Manfaat dengan judul Manfaat dan Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adasehat.blogspot.com/2014/01/manfaat-buah-manggis.html. Terima kasih!