Gejala Asam Urat dan Cara Mengobatinya


Tulisan sebelumnya telah membahas manfaat buah pepaya, sekarang kita akan membahas gejala asam urat. Asam urat terjadi karena adanya penumpukan zat purin di dalam tubuh. Zat purin ini akan diolah oleh tubuh dan menghasilkan asam urat.


Namun apabila kadar asam urat dalam tubuh berlebihan atau melebihi kadar normal, zat asam ini akan mengakibatkan gangguan pada ginjal. Gangguan ini menyebabkan ginjal tidak bisa mengeluarkan asam urat dengan baik. Sehingga asam urat akan mengkristal dan menumpuk pada bagian sendi tubuh. Bisa juga akan bengkak dan meradang.


Gejala Asam Urat



Zat purin itu sendiri berasal dari makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan sayur sayuran. Jadi asam urat itu sebenarnya merupakan akibat zat purin yang berlebihan, yang berasal dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya.


Secara umum penyakit asam urat terjadi pada manula atau pada usia lanjut. Orang yang menderita asam urat biasanya juga menderita penyakit lainnya yang sejenis seperti diabetes, hipertensi. Jika asam urat dibiarkan akan menjadi batu ginjal dan akan lebih arah menjadi gagal ginjal.


Kadar asam urat pada sekitar 2,6 - 6 mg/dl untuk wanita normal, dan 3,5 - 7mg/dl untuk pria normal. Untuk mengetahui kada asam urat kita dapat melakukan pemeriksaan dokter terdekat. Namun apa gejala asam urat itu sendiri ? disini akan dibahas.

Gejala Asam Urat



  • Pada pagi hari terutama saat bangun tidur dan juga malam hari biasanya akan terjadi nyeri tanpa sebab pada persendian tubuh.

  • Rasa nyeri itu terjadi tidak hanya sekali atau terjadi berulang kali.

  • Pada bagian tubuh yang nyeri dan linu akan berwarna kemerahan.

  • Nyeri biasanya terjadi di jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, siku, tumit dan dengkul.

  • Bila sudah lumayan parah, tubuh akan terasa sakit bila digunakan untuk bergerak, sebaiknya segera priksakan ke dokter.
 
5 hal tersebut adalah gejala asam urat. Namun apa saja makanan yang menimbulkan terjadinya asam urat ? berikut daftar makanan yang menimbulkan gejala itu.


Makanan yang Menjadi Penyebab Asam Urat :


  1. Jeroan           :  hati, otak, babat, ginjal, limfa, usus, paru
  2. Daging           : daging sapi, daging kambing, daging kuda, daging bebek, daging kalkun
  3. Daging olah    : dendeng, abon
  4. Seafood         : kepiting, cumi, kerang, sotong, remis, ikan sarden, ikan teri, tiram, udang
  5. Makanan Kaleng: sarden, kornet, dll
  6. Buah               : nanas , durian
  7. Sayuran      : bayam, buncis, kembang kol, jamur kuping, daun pepaya, daun singkong, kangkung
  8. Kacang-kacangan : tauge, kacang tanah, kacang hijau, melinjo, emping, kedelai
  9. Makanan yang digoreng, makanan yang dimasak menggunakan mentega, makanan bersantan
  10. Makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi.

10 jenis makanan itulah yang menjadi penyebab asam urat. Lalu bagaimana cara mengobatinya ?


Cara Mengobati Asam Urat :   

 

  • Hindari makan makanan yang telah disebutkan diatas secara berlebihan. Karena memang makan berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan.

  • Makan atau konsumsi buah buahan dan sayur sayuran yang dapat mengobati asam urat. Buah buahan dan sayur sayuran itu adalah belimbing wuluh, buah naga, jahe, sawi , tomat, serai.

  • Untuk orang yang gemuk atau kelebihan berat badan, sebaiknya melakukan diet. Karena orang gemuk asam uratnya akan cepat naik namun pengeluaran asam urat lebih susah daripada orang yang bertubuh kurus dan ideal.

  • Banyak banyak konsumsi air putih. Karena manfaat air putih itu sendiri sangat banyak, termasuk mengeluarkan zat purin keluar dari tubuh.

  • Kurangi dan kalau bisa hindari terlalu sering minuman beralkohol.

Itulah beberapa gejala asam urat dan cara mengobatinya. Semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca tulisan ini. Sekian.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Gejala dengan judul Gejala Asam Urat dan Cara Mengobatinya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adasehat.blogspot.com/2013/12/gejala-asam-urat.html. Terima kasih!