Manfaat Serta Khasiat Ginseng Untuk Kesehatan


Manfaat dari ginseng sudah banyak diketahui masyarakat. Ginseng merupakan salah satu jenis tanaman akar akaran dari Indonesia yang sangat nikmat untuk dikonsumsi sebagai minuman dan juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Sudah lama orang Indonesia memanfaatkan ginseng untuk pengobatan dan kesehatan. Salah satunya yaitu digunakan sebagai teh herbal dan pengobatan tradisional. Oleh karena itu ginseng bisa disebut ramuan ajaib.

Ginseng itu sendiri memiliki kandungan bioaktif seperti phytosterols, polycetylenes, polysaccharides, simak uraian berikut.


Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan


Manfaat Ginseng




1.    Mengurangi Stres Mental
Mood seseorang yang sedang depresi maupun cemas dapat dirubah dengan ginseng. Ketika stres, hormone seperti adrenalin, noradrenalin dan kortisol akan lebih meningkat dari biasanya. Sehingga hormon ini menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Ginseng juga dipercaya dapat menyeimbangkan tingkat adrenalin.

2.    Menurunkan Berat Badan
Beberapa penelitian menemukan bahwa ginseng sangat ampuh dalam hal mengontrol berat badan. Hal ini baik dilakukan bagi orang orang yang ingin diet tapi secara sehat dan tidak menyiksa, ginseng dapat dijadikan pilihan untuk orang kelebihan berat badan.

3.    Menyehatkan Tubuh dan Pikiran
Ketika pekerjaan kantor menumpuk, atau tugas sekolah menumpuk dan menjadikan fisik kita kelelahan, ginseng bisa menjadi salah satu bahan pilihan untuk memulihkan stamina seseorang. Hal ini dikarenakan ginseng menambahkan energy pada tubuh sehingga pikiran ikut menjadi segar kembali.

4.    Mengontrol Gula Darah
Ginseng sangat cocok untuk mengontrol gula darah. Bagi seseorang yang menderita diabetes terutama diabetes tipe-2, mengkonsumsi ginseng bukanlah hal buruk. Gula darah dalam tubuh yang meningkat dapat dicegah dengan tanaman ini.

5.    Mengatasi Gangguan Menstruasi
Bagi wanita yang sedang menstruasi, sebaiknya mengkonsumsi ginseng. Karena beberapa orang mengatakan ginseng dapat mengatasi masalah kewanitaan saat dalam datang bulan. Sehingga wanita tidak perlu benci atau marah lagi ketika datang bulan menghampiri mereka.

6.    Meningkatkan Gairah Seks
Ginseng terbukti dapat meningkatkan gairah seks. Ginseng juga dapat membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan fungsi seksual.

7.    Menurunkan Kadar Kolestrol
Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, ternyata ginseng juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penurun kolestrol jahat. Kandungan ginsenocides dalam ginseng sangat berpengaruh terhadap penurunan kadar kolestrol jahat pada tubuh seseorang.

8.    Mencegah Kanker
Chinese Medicine Journal menyatakan bahwa kandungan ginsenocides dalam ginseng memiliki efek sebagai anti tumor. Selain itu ginseng juga dapat menginduksi lapisan sel seperti pada sel kanker ovarium, sel kanker prostat, sel neuroblastoma dan sel paru paru adenokarsinoma. Menurut penelitian terbaru, ginseng juga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.


Itulah beberapa manfaat serta khasiat ginseng untuk kesehatan. Namun jangan asal pakai, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Untuk dosis juga dapat konsultasi ke dokter. Sekian.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Manfaat dengan judul Manfaat Serta Khasiat Ginseng Untuk Kesehatan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adasehat.blogspot.com/2014/01/manfaat-ginseng.html. Terima kasih!