Gejala Demam Berdarah Dengue Harus Diwaspadai


Demam Berdarah Dengue atau biasa disebut dengan DBD adalah penyakit akut yang disebabkan oleh infeksi virus oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Allbopictus betina. Biasanya kedua jenis nyamuk itu menyerang pada musim panas dan juga pada musim hujan.

Ciri ciri nyamuk ini yaitu berwarna hitam dengan bintik bintik putih di bagian tubuh dan kakinya. Nyamuk penyebab demam berdarah ini berkembang biak pada air yang jernih dan hanya mampu hidup di dalam rumah, di kloset, dan juga di tempat tempat gelap.


Gejala Demam Berdarah



Virus yang disebarkan nyamuk ini dapat mengganggu pembuluh darah kapiler juga pada sistem pembekuan darah sehingga akan berakibat pendarahan. Pada umumnya pendarahan tersebut terjadi di bagian hidung, gusi dan kulit.

Tidak jarang penderita demam berdarah mengalami shock atau biasanya disebut sengue shock syndrome. Perlu juga dibedakan antara gejala demam dengue dengan DBD. Demam dengue dapat terjadi tanpa pendarahan. Kemudian DBD terjadi dengan pendarahan. Kemudian DBD itu sendiri juga dibedakan menjadi 2. Yaitu DBD dengan shock dan DBD tanpa shock.

Lalu apa saja gejala demam berdarah tersebut. Inilah selengkapnya.

Gejala Demam Berdarah


1.    Perlu diwaspadai apabila seseorang demam secara mendadak dengan suhu tubuh diatas 38 derajat celcius dan demam tersebut biasanya terjadi dari 2 hari hingga 7 hari. Mungkin itu bisa menjadi salah satu gejala demam berdarah.

2.    Bila telah terjadi demam namun susah diatasi dengan penurun panas. Inilah salah satu gejala demam berdarah.

3.    Apabila demam dan panas tak kunjung sembuh, kemudian ditambah dengan mual mual, muntah, dan nafsu makan berkurang. Ini juga gejala demam berdarah yang patut dicurigai.

4.    Nyeri pada sendi dan nyeri otot juga termasuk dalam gejala ini.

5.    Nyeri kepala atau pusing. Bila ini terjadi sebaiknya periksa hal lainnya yang menjadi gejala demam bedarah. Karena mungkin saja itu hanya pusing biasa.

6.    Wajah kemerahan bisa menjadi salah satu gejalanya.

7.    Sulit buang air besar atau malah kelebihan buang air besar (diare). Hal ini perlu diwaspadai juga dengan melihat gejala lainnya.


Itulah 7 hal gejala demam berdarah dengue yang perlu diwaspadai. Baca juga Gejala HIV AIDS. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Gejala dengan judul Gejala Demam Berdarah Dengue Harus Diwaspadai. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adasehat.blogspot.com/2014/01/gejala-demam-berdarah.html. Terima kasih!