Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak


Cara merawat rambut kering dan rusak memang perlu dilakukan terutama untuk kaum hawa, karena rambut adalah salah satu hal yang paling terlihat diantara anggota badan lainnya seperti kaki. Dengan adanya rambut sehat dan indah akan menjadi suatu dambaan tersendiri bagi setiap wanita. Namun terkadang ada beberapa hal bisa menjadikan membuat rambut kita kering dan rusak.



Cara Merawat Rambut



Rambut kering juga rusak itu sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu karena terlalu lama terkena paparan sinar matahari, pemilihan shampo yang salah dan berbagai macam hal lainnya. Lalu seperti apakah perawatan yang baik dan benar agar rambut kita tidak kering apalagi rusak? Simak uraian berikut selengkapnya.


Cara Merawat Rambut



1.    Rutin Mencuci Rambut
Cuci atau bersihkan rambut kita setiap dua atau tiga hari sekali menggunakan shampo bervitamin E. Vitamin E ini dipercaya sangat baik untuk merawat kesehatan rambut, bahkan bisa memperbaiki rambut kering dan rusak.


2.    Gunakan Kondisioner
Usahakan minimal sekali dalam seminggu menggunakan kondisioner setelah mencuci rambut dengan shampo. Namun sebelum dibilas dengan air, ada baiknya membiarkan kondisioner dalam waktu 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. ini adalah salah satu cara merawat rambut yang tepat.


3.    Gunakan Cuka Apel
Cuka berbahan dari apel dipercaya dapat merawat rambut kering dan rusak, juga dapat menghilangkan ketombe. Caranya cukup mudah, campurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan satu sendok minyak gandum dan dua cangkir air. Oleskan campuran itu pada rambut kita setelah keramas, dalam keadaan basah. Diamkan 10 menit kemudian bilas hingga bersih.


4.    Hindari Menggosok Rambut
Ketika mengeringkan rambut, sebaiknya remaslah secara perlahan dengan handuk. Hindari menggosok menggunakan handuk karena gesekan dapat menyebabkan rambut kering.


5.    Menyisir Rambut
Gunakan sisir bergigi jarang atau bergigi lebar. Hindari menyisir rambut berkali kali. Cukup sisir hingga rambut sudah rapi saja.


6.    Gel Lidah Buaya
Jika ingin rambut kita terlihat klimis atau wet look dan tidak kering, sebaiknya gunakan gel aloe vera atau lidah buaya daripada menggunakan gel berbahan kimia. Aloe vera murni tidak mengandung alcohol sehingga dapat membantu merawat kesehatan rambut. Gel aloe vera bisa didapatkan di beberapa toko.


7.    Hindari Hair Dryer
Hindarilah mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Mengeringkan menggunakan cara ini justru malah membuat rambut menjadi lebih parah. Sebaiknya keringkan rambut dengan cara di angin anginkan.


8.    Gunakan Vitamin B
Konsumsilah makanan dengan kandungan vitamin B kompleks setiap hari. Karena kandungan biotin pada vitamin B kompleks akan menguatkan rambut sehingga tidak mudah rontok dan kering. Vitamin B bisa kita dapatkan pada makanan seperti telur, kacang kacangan dan pisang.


9.    Memotong Rambut
Salah satu cara mengatasi rambut kering dan rusak karena bercabang adalah memotong rambut. Memotong rambut bisa menghindarkan kita dari rambut bercabang. Namun setelah memotong rambut jangan lupa untuk merawat rambut dengan baik agar tidak rusak dan bercabang lagi.


Nah, sekian tulisan tentang beberapa cara merawat rambut kering dan rusak . semoga bermanfaat.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips dan Cara dengan judul Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://adasehat.blogspot.com/2014/01/cara-merawat-rambut.html. Terima kasih!